kegunaan serabut kelapa sawit

Kegunaan Serabut Kelapa Sawit

Tak hanya buahnya saja, ternyata sabut kelapa sawit juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Kegunaan serabut kelapa sawit itu bisa digunakan untuk bahan bakar, media tanam, pupuk, kerajinan tangan sampai kesehatan.

Penasaran, menjadi apa saja hasil pengolahan limbah dari sabut kelapa sawit? Silahkan simak penjelasan selengkapnya mengenai pemanfaatan sabut sawit di bawah ini.

Beragam Kegunaan Serabut Kelapa Sawit

Desamodern.com - Manfaat Luar Biasa dari Sabut Kelapa yang Anda Belum Tahu

Tak hanya sekedar limbah, ada banyak sekali manfaat sabut kelapa sawit yang selama ini tidak banyak diketahui masyarakat umum. Berikut ini daftar manfaat sabut dari kelapa sawit yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Sebagai Bahan Bakar Pengganti

Kegunaan serabut kelapa sawit yang pertama adalah sebagai alternatif pengganti bahan bakar yang dapat digunakan untuk memasak. Untuk membuat serabut kelapa sawit untuk bahan bakar ini terinspirasi dari kebiasaan masyarakat zaman dulu. Serabut dan cangkang kelapa sawit ini juga dipakai untuk bakar ketel supaya menghasilkan energi mekanik dan panas.

Untuk zaman modern sekarang, serabut dari kelapa sawit bisa diolah jadi briket arang atau untuk bahan bakar pengganti. Tidak hanya mempunyai banderol harga yang lebih ekonomis, juga memiliki kegunaan lain dari penggunaan briket arang dari serabut sawit ini.

2. Manfaat Sabut Kelapa Sawit untuk Tanaman

Dari laman PKT Group, yang merupakan perusahaan di bidang produksi pupuk dan perkebunan, sabut kelapa sawit juga dapat bermanfaat baik bagi tanaman, yaitu sebagai media tanam maupun pupuk tanaman.

a. Sabut dari Kelapa Sawit sebagai Media Tanam

Memiliki tingkat keasaman pH yang netral, membuat sabut dari tanaman kelapa sawit sangat ideal untuk dijadikan media tanam. Karena kondisi tersebut cocok bagi tanaman agar dapat tumbuh dengan baik seperti jenis tanaman bunga  dan aneka sayuran

Berikut beberapa keuntungan penggunaan sabut dari kelapa sawit sebagai media tanam:

  • Serabut kelapa sawit bisa untuk menetralkan tingkat keasaman yang ada di tanah. Apabila biasanya petani harus mencampurkan batu kapur, maka dengan menambahkan sabut sawit di atasnya, batu kapur tidak diperlukan lagi.
  • Sabut dari kelapa sawit akan membantu meningkatkan kadar drainase tanah pada tanaman.
  • Sabut dari tanaman sawit juga akan membantu mempertahankan kelembapan pada jenis tanah yang cepat mengering.
  • Serabut dari kelapa sawit mempunyai dikit kandungan unsur hara yang bisa membantu peningkatan kualitas tanah untuk media tanamnya.
b. Sabut dari Kelapa Sawit sebagai Pupuk Tanaman

Bisa lewat cara pengolahan yang benar, pupuk kompos dari srabut tanaman kelapa sawit memiliki kegunaan yang maksimal. Sebab serabut buah kelapa sawit mempunyai banyak sekali kandungan unsur hara yang berguna untuk pertumbuhan tanaman.

berikut ini berbagai manfaat sabut dari tanaman kelapa sawit bagi tanaman di sektor pertanian, yaitu:

  1. Menjadi sumber utama kalium yang merupakan unsur hara organik.
  2. Dapat menjadi pupuk organik cair atau padat.
  3. Dapat menjadi campuran bagi media tanam.
  4. Mampu untuk menurunkan tingkat keasaman (pH) pada tanah.
  5. Membantu menjaga kelembapan tanah.
3. Kegunaan Sabut Kelapa Sawit untuk Kesehatan Tubuh

Alih-alih dapat menjernihkan air menggunakan penggunaan bahan kimia, akan jauh lebih aman menggunakan sabut.

Apalagi cara untuk menjernihkan dan membersihkan air sumur dengan menggunakan sabut sawit juga sangatlah mudah yaitu dengan langkah berikut:

  1. Cara pertama, susunlah lembaran serabut dari tanaman kelapa sawit hingga membentuk lingkaran. Juga pastikan diameter lingkaran itu sudah sama dengan ukuran dari diameter sumur itu, dengan tingkat ketebalan sekitar 5 hingga 10 cm.
  2. Selanjutnya buat 3 hingga 5 lingkaran dari sabut pohon sawit sesuai ukuran sebagaimana poin sebelumnya, secara sekaligus.
  3. Apbila sudah lalu masukkanlah semua lingkaran serabut dari kelapa sawit itu untuk ke dalam sumur. Dan pastikan semua lingkaran sabut turun sampai ke bagian dasar sumur.
  4. Biarkan lingkaran sabut selama 3 hingga 5 hari hingga air sumur menjadi lebih bersih sekaligus jernih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *