manfaat sabut kelapa sebagai media tanam

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Manfaat sabut kelapa sebagai media tanam, Kita tahu pohon kelapa memiliki manfaat dari seluruh bagiannya, mulai dari buah, batang, daun, hingga sabut kelapa. Buah kelapa memiliki daging dan air yang bergizi dan mengandung potassium. Bagian kulit luar buahnya, yang dikenal sebagai sabut kelapa, sangat bermanfaat untuk tanaman. Sabut kelapa sangat disarankan untuk dijadikan media tanam untuk tanaman di kebun. Selengkapnya, simak manfaat sabut kelapa.

Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman

manfaat sabut kelapa sebagai media tanam

Serat sisa yang ada di tempurung luar kelapa ini biasa di panggil dengan sabut kelapa. manfaat sabut kelapa sebagai media tanam alternatif media tanam yang bagus di kebun kamu dan juga lebih ramah lingkungan. Juga ada manfaat sabut kelapa untuk tanaman di kebun yaitu:

  • Sabut kelapa bisa terurai dengan cara hayati dan juga perlahan dibanding lumut gambut dan bahan organik lain.
  • Sabut kelapa merupakan produk bebas gulma dan juga bebas bau tanah.
  • Sebagai amandemen tanah yang organik
  • Membantu memperbaiki struktur tanah
  • Memberi tanah dan akar tanaman udara yang sangat bagus
  • Meningkatkan kapasitas menahan air. Berguna sebagai spons dapat menahan air di zona akar, sampai menjadi
  • cadangan air untuk tanaman. Sabut kelapa mempunyai kapasitas menahan air yang jauh lebih baik dibanding lainnya.
  • Untuk waktu bersamaan menahan air, sabut kelapa juga mampu membuang kelebihan air sampai tanaman tidak akan tergenang air.
  • Meskipun tidak mempunyai nilai nutrisi yang signifikan, kegunaan sabut kelapa ini bisa mempertahankan nutrisi sampai akan tetap tersedia untuk tanaman.

Cara Menggunakan Sabut Kelapa

Serat sabut kelapa yang dipakai untuk amandemen tanah untuk tanaman ini biasanya memiliki bentuk blok padat. kamu harus merendam dulu sabut kelapa blok padat ini dalam air, lalu dipecah untuk dipakai.

Pastikan dan perluas balok sabut kelapa dalam wadah yang memiliki ukuran besar. setelah itu tambahkan air ke dalam wadah dan diamkan sabut kelapa menyerap sampai mengembang. Untuk cara perendaman ini mungkin membutuhkan waktu sekitar 15 menit atau lebih. Selanjutnya, kamu dapat memakai sekop atau garpu penggali berguna untuk memecahkan bongkahan besar yang tersisa. Terakhir mengaduk hingga mengembang. Sabut kelapa siap digunakan.

Manfaat media tanam sabut kelapa/cococoir

Coco coir adalah serat sisa yang dipanggil sabut kelapa / coco peat. Media tanam ini dinilai jauh lebih ramah lingkungan juga kualitas yang sangat baik. Mempunyai beberapa keunggulan dari coco coir adalah :  terurai secara alami, namun proses penguraiannya lebih lama dari lumut gambut biasa dan bahan organik lainnya. Media tanam ini sangat dikenal bebas gulma dan tanah juga aroma yang harum. Dapat menambahkan unsur organik Membantu memperbaiki struktur tanah Sangat bagus untuk aerasi tanah sehingga bermanfaat bagi tanaman Memiliki kemampuan menahan air seperti spons, air akan tertahan di zona akar sehingga tanaman bisa menyerapnya saat membutuhkan. Coco coir bisa menyerap air sampai 7 maupun 10 kali berat aslinya. Tidak hanya itu, menahan kelebihan air, coco coir juga bisa membuang kelebihan air sampai tanaman tidak akan tergenang. Walaupun tidak mempunyai nilai nutrisi, coco coir bisa membantu tanah memperkuat nutrisi sampai tetap tersedia untuk tanaman.

Cara menggunakan coco coir siap pakai Campurkan sekitar 40% coco coir dengan campuran tanah untuk menanam. Lalu buat campuran benih, untuk mengawali benih kecil sebaiknya memakai coco coir empulur halus. Harusnya menggunakan coco coir sudah cukup, tetapi kamu akan bisa menambahkan bahan lain kaya sekam padi dan perlit. Campuran ini dapat membuat drainase tanah menjadi lebih baik. Coco coir ini bisa menjadi rumah dari cacing yang bisa menggemburkan tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *