peluang usaha briket arang batok kelapa

Peluang Usaha Briket Arang Batok Kelapa

Peluang usaha briket arang batok Kelapa. Batok biasa disebut juga dengan tempurung kelapa seing hanya dibuang sembarangan di pasar-pasar tradisional. Aslinya, batok kelapa dapat untuk bahan baku mentah dan diolah hingga menjadi arang. Produk briket arang batok kelapa untuk bahan baku setengah jadi dapat diolah lagi hingga menjadi produk arang yang inovatif. Usaha briket arang batok Kelapa bisa kamu pilih untuk alternatif usaha yang bisa kamu lakukan6 dengan mudah di rumah anda. Memproduksi briket arang tempurung Kelapa  di rumah anda, bisnis briket arang tempurung kelapa adalah sebuah ide yang dapat dikatakan sederhana dan mudah dilakukan.

Usaha  arang briket sangat populer untuk saat ini, sebab banyak kabar dapat menghasilkan uang yang cukup besar. Ada beberapa produk arang yang bisa untuk dijual, seperti arang dari batok kelapa, sekam, dan kayu. Arang kayu banyak dijual di pasar lokal, dan untuk arang batok kelapa dan sekam yang dicetak biasa diekspor ke luar negeri.

Cara untuk memproduksi arang batok kelapa, sekam dan kayu berbeda-beda, ada yang memakai mesin modern, dan juga ada juga yang memakai dengan cara tradisional.

Untuk kebutuhan arang juga besar baik di Indonesia atau di luar negeri, yang biasa untuk memanggang daging, ikan, dan makanan lainnya.

Peluang Usaha Briket Arang Batok Kelapa

peluang usaha briket arang batok kelapa

Apakah Usaha arang menjanjikan?

Usaha arang atau briket mempunyai peluang yang sangat bagus, sebab biaya untuk produksi yang cukup rendah dan juga bisa dijual untuk  harga relatif tinggi, jika kualitas briketnya bagus kamu dapat ekspor ke luar negeri juga dengan harga yang tinggi.

Diambil dari detik.com, seseorang pengusaha arang dengan nama ibu Istikanah dapat penghasilan dengan omset Rp. 1,6 Miliar – Rp. 2,5 Miliar per bulan. Juga pengusaha arang memiliki nama Pairin yang mendapat penghasilan omset Rp. 100 juta – Rp. 120 juta per bulan hasil dari berjualan arang.

Kelebihan Bisnis arang

Berikut ini adalah kelebihan bisnis arang

  • Permintaan arang di pasar Indonesia tinggi
  • Untuk permintaan bahan baku briket ke uar negeri tinggi
  • Bisa dimulai dengan modal yang kecil
  • Biaya operasional murah
  • Tidak butuh banyak karyawan
  • Dapat dijual di toko, warung makanan juga ke tengkulak arang.

Kekurangan bisnis arang

  • Proses produksi arang menimbulkan polusi udara
  • Kurang cocok membuka usaha arang rumahan di lingkungan padat penduduk
  • Dapat menjual sampai ke luar negeri cukup sulit bagi pemula
  • Untuk bahan baku cuma ada di daerah pedesaan/hutan.

Modal Bisnis Arang / Briket

Bisnis arang rumahan membutuhkan modal Rp. 2.000.000 sampai Rp. 5.000.000. Separo besar modal ialah untuk membeli bahan baku, dan separo kecilnya digunakan untuk pembelian alat produksi.

Contoh dibawah merupakan rincian modal bisnis arang rumahan, yang memakai bahan baku kayu.

Pemasaran Usaha Briket Arang Batok Kelapa

Hal yang penting dari usaha arang ialah pemasaran atau penjualannya, kamu dapat menjual arang produksi kamu di dalam negeri juga bisa ke luar negeri. contoh ini merupakan beberapa strategi untuk  pemasaran usaha arang.

Cara pemasaran arang di dalam negeri

Ada beberapa cara untuk pemasaran yang dapat kamu contoh, yaitu :

Pemasaran via marketplace

Kamu dapat memasarkan arang kamu lewat marketplace yaitu shopee juga tokopedia, di marketplace online arang bisa banyak laku, biasanya dijual bobot 1 kilogram, 5 kilogram dan 10 kilogram.

Pemasaran offline ke warung makan

Dapat di warung sate, warung ayam bakar, dan ikan bakar merupakan konsumen paling utama arang, kamu dapat langsung menawarkan arang kamu ke para yang punya warung makan itu, dan bisa menjadikan mereka pelanggan tetap arang kamu.

Dijual ke toko kelontong

Anda bisa menjual arang anda di toko kelontong, toko kelontong tersebut yang akan menjualkan arang anda ke konsumen akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *