Cara Ekspor Sabut Kelapa Ke China

Sabut kelapa merupakan serat hasil dari kulit luar buah kelapa, berikut ini penjelasan dan cara ekspor sabut kelapa ke china. Sabut ini mempunyai macam macam kegunaan, mulai sigunakan untuk bahan baku utnuk membuat produk kerajinan tangan sampai sebagai bahan baku produksi karbon aktif. Di Indonesia, sabut kelapa merupakan salah satu produk untuk di ekspor yang mempunyai potensi besar.

Cara ekspor kelapa ke china merupakan kunci sukses untuk pengusaha yang ingin memperluas pasar. Kelapa ialah komoditas ekspor pertanian dari sektor non migas yang mempunyai pangsa besar di dunia. Indonesia menjadi salah satu eksportir raksasa produk kelapa segar dan juga turunannya.

Ekspor kelapa ke china harus memenuhi semua syarat yang di tentukan dan juga langkah yang cermat. Untuk pengunaan kontainer untuk industri pertanian dapat membantu melakukan kegiatan ekspor suapaya berjalan dengan lancar.

Cara Ekspor Sabut Kelapa Ke china 

cara ekspor sabut kelapa ke china

Sebelum melaksanakan kegiatan ekspor sabut kelapa, ada bebrapa syarat persiapan yang wajib dipenuhi terlebih dahulu. Untuk salah satunya merupakan dapat izin ekspor dari pemerintah Indonesia. Izin itu dapat diperoleh dari Kementerian Perdagangan / Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) apabila sabut kelapa yang diekspor bakal diolah untuk bahan baku produk makanan atau obat-obatan.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu melalsanakan negosiasi bersama pihak pembeli terkait harga dan kualitas sabut kelapa yang bakal diekspor. Harus pastikan kamu mempunyai kontrak jual beli yang jelas bersama pihak pembeli supaya proses ekspor bisa berjalan lancar.

Proses Produksi sabut kelapa

Sabut kelapa bisa diproduksi lewat dua cara, yaitu pertama cara manual ataupun menggunakan mesin. Apabila kamu ingin memproduksi sabut kelapa dengan cara manual, kamu cuma butuh mengupas dan membersihkan kulit luar buah kelapa lalu mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Sedangkan kamu ingin memproduksi sabut kelapa memakai mesin, kamu mebutuhkan mesin pengupas sabut kelapa dan mesin pencacah sabut kelapa. Untuk proses produksi ini bisa menghasilkan sabut kelapa dalam jumlah yang lebih banyak dan lebih cepat jika dibandingkan dengan produksi cara manual.

Persyaratan Ekspor Sabut Kelapa

Jika sudah slesai melakukan persiapan sebelum ekspor, kamu juga harus melengkapi persyaratan ekspor sabut kelapa. Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu:

  • Sabut kelapa yang bakal diekspor wajib bersih juga tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya
  • Sabut kelapa wajib dipacking/bungkus dengan baik suapaya tidak rusak selama proses pengiriman
  • Memiliki sertifikat kesehatan dari BPOM jika sabut kelapa akan digunakan sebagai bahan baku produk makanan atau obat-obatan
  • Memiliki sertifikat asal barang dari Kementerian Perdagangan
  Batang Pisang Ekspor: Potensi Ekspor Batang Pisang Indonesia Yang Menjanjikan

Pengiriman dan Dokumen Ekspor

Apabila kamu sudah melengkapi persyaratan ekspor, kamu dapat melaksanakan pengiriman sabut kelapa ke china. Pastikan juga memakai jasa pengiriman yang sudah terpercaya suapaya sabut kelapa kamu dapat sampai ke lokasi tujuan dengan selamat.

Ada juga beberapa dokumen ekspor yang wajib disiapkan sebelum melaksanakan pengiriman, yaitu:

  • Invoice
  • Bill of lading
  • Packing list
  • Certificate of origin
  • Certificate of health (jika diperlukan)

Potensi Pasar Ekspor Sabut Kelapa ke china

Indonesia memiliki potensi besar dalam ekspor sabut kelapa. Jugga ada negara yang jadi pasar potensial untuk sabut kelapa Indonesia contohnya Amerika Serikat, India, China, dan Eropa. Sabut kelapa bisa menjadi alternatif bahan baku digunakan untuk  produk-produk seperti karpet, jala, dan bahan pengisi di sofa.

Tidak hanya itu, sabut kelapa pun dipakai untuk bahan baku produksi karbon aktif yang dipakai di dalam industri minyak dan gas, farmasi, juga industri makanan dan minuman.

Kesimpulan

Untuk melaksanakan ekspor sabut kelapa, harus persiapkan diri kamu dengan baik dan juga harus  pastikan kamu sudah memenuhi semua persyaratan ekspor yang dibutuhkan. Untuk potensi pasar yang besar, sabut kelapa bisa menjadi alternatif bisnis yang sangat menjanjikan bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *