manfaat coccopeat dan coccofiber

Manfaat Cocopeat Dan Cocofiber

Kali ini kita akan membahas manfaat cocpeat dan cocofiber,  Anda pasti pernah mendengar istilah bahwa pohon kelapa merupakan pohon yang serbaguna. Tetapi, masih banyak orang yang tidak bisa mengolahnya dan akhirnya berujung menjadi limbah, juga sabut kelapa. ada juga orang tidak tau potensi besar dari perkebunan kelapa, salah satunya merupakan diolah hingga menghasilkan aneka produk, contohnya ada cocofiber dan cocopeat. tetapi, tahukah kamu manfaat dari keduanya?

Pengertian dan Manfaat Cocopeat dan cocofiber

manfaat cocopeat dan cocofiber

Cocopeat ialah media tanam berbahan organik yang dibuat dari bubuk sabut kelapa. Untuk bentuk mirip juga dengan abon mempunyai warna merah / kecokelatan. Cocopeat biasanya dijadikan alternatif yang sangat bagus untuk menjadi media tanam karena sifatnya yang dapat menahan banyak air.

Cocopeat juga mempunyai kandungan unsur kimia yang sangat banyak. Untuk ini sudah jelas bisa menolong untuk perkembangan tumbuhan yang sudah ditanam. Tingkat Ph cocopeat biasanya dari 5,0 sampai 6,8. Dengan jumlah sekian, cocopeat menjadi favorit para petani untuk dijadikan media tanam yang sangat ideal.

1. Menjaga Tanah tetap Gembur dan Subur

 Cocopeat mempunyai sifat sangat mudah untuk menyerap juga menyimpan air serta mempunyai pori-pori yang memudahkan pertukaran udara.

2. Memiliki Tekstur yang Mirip Tanah

Cocopeat merupakan salah satu media tanam yang mempunyai tekstur halus mirip dengan tanah pada umumnya. Namun, ada perbedaan yang sangat mencolok, yaitu cocopeat memiliki kandungan nutrisi dan unsur hara yang lebih baik.

 

3. Ramah Lingkungan

Manfaat berikutnya adalah ramah lingkungan cocopeat berasal dari bahan organik. Bahkan cocopeat juga bisa terdegradasi dalam tanah dengan baik apabila sudah tidak dipakai.

4. Daya Serap Air Tinggi

Haus kamu tau bahwa cocopeat mempunyai daya serap air sampai 100 kali lipat lebih baik jika di bandingkan tanah konvensional.

5. Lebih Tahan Hama

Ada juga beberapa jenis hama yang tidak suka bertempat di dalam cocopeat sampai cocopeat dapat melindungi tanaman dengan lebih baik. Bahkan tanaman yang memakai media tanam cocopeat sangat kecil kemungkinan terserang hama.

Pengertian dan Manfaat Cocopeat Cocofiber

manfaat cocopeat dan cococfiber

Cocofiber ialah serat dari sabut kelapa yang sudah digiling, tetapi tidak terlalu halus sehingga menghasilkan bentuk seperti rambut yang panjang dengan warna keemasan atau kecokelatan. Dengan bentuk yang belum terlalu halus ini maka kita dengan instan dapat mengetahui perbedaannya dengan cocopeat. Gampangnya, Cocofiber merupakan bentuk sebelum menjadi cocopeat.

Nah, tentunya cocofiber tidak kalah dengan cocopeat dengan ragam manfaatnya. Untuk para ibu rumah tangga, cocofiber merupakan bahan dasar dari alat-alat rumah tangga yang biasa digunakan sehari-hari. Untuk contohnya antara lain sapu, keset, dan beberapa alat kebersihan. Namun, cocofiber pun sebenarnya bisa digunakan sebagai media tanam dengan versi yang lebih keras dari cocopeat. 

Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman

Serat sisa yang ada di tempurung luar kelapa ini biasa di juluki dengan sabut kelapa. Sabut kelapa memiliki manfaat untuk alternatif media tanam yang sangat bagus di kebun kamu dan juga pasti lebih ramah lingkungan. Contoh manfaat sabut kelapa untuk tanaman di kebun yaitu:

  1. Sabut kelapa bisa terurai dengan cara hayati juga perlahan jika dibandingankan dengan lumut gambut dan bahan organik lain.
  2. Sabut kelapa adalah produk bebas gulma dan bebas bau tanah.
  3. Sebagai amandemen tanah yang organik
  4. Membantu memperbaiki struktur tanah
  5. Dapat memberi tanah juga akar tanaman udara yang dikatakan sangat bagus
  6. Meningkatkan kapasitas menahan air. Bersifat seperti spons dapat menahan air di zona akar, sampai menjadi cadangan air untuk tanaman. Sabut kelapa mempunyai kapasitas menahan air yang jauh lebih baik dibanding lainnya.
  7. Pada waktu bersamaan menahan air, sabut kelapa akan melakukan buang jika kelebihan air sehingga tanaman tidak akan tergenang oleh air.
      8. Meskipun tidak memiliki nilai nutrisi yang signifikan, manfaat sabut kelapa ini mempertahankan nutrisi                       sehingga tetap tersedia untuk tanaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *