Pembesaran nila kolam tanah

Pembesaran nila kolam tanah

Pembesaran nila kolam tanah, Nila memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis kolam budidaya ikan nila lainnya. Salah satu keunggulannya adalah ketersedian pakan alami, sehingga Pembudidaya dapat menekan biaya pakan ikan nila. Cara budidaya ikan nila di kolam tanah pun tak sesulit yang dibayangkan. Bahkan, para Pembudidaya pemula disarankan untuk memulai budidaya ikan nila menggunakan kolam tanah.

Nila, terkenal sebagai komoditas akultur air tawar yang sangat dicari di pasar Indonesia yang dinamis, telah mengumpulkan popularitas luas karena dagingnya yang lezat dan kaya protein. Artikel ini akan mengupas secara lengkap cara-cara membesarkan nila kolam tanah yang mudah dipahami oleh para Pembudidaya pemula maupun berpengalaman. Yuk simak!

Baca Juga: Ternak Nila Bioflok Untuk Pemula

Tips Sekses Pembesaran Nila Kolam Tanah

Persiapan Kolam Berkembang

  • Pemilihan Lokasi: Pilih lokasi yang jauh dari sumber polusi, dekat dengan sumber air, dan mendapat sinar matahari cukup.
  • Pembangunan Kolam: Rancanglah kolam berbentuk persegi panjang dengan kedalaman minimal 1 meter dan luas yang ideal untuk populasi ikan. Pastikan dinding dan lantai kolam kuat dan bebas kebocoran.
  • Pengeringan dan pengapuran: Keringkan dasar kolam selama 3 sampai 5 hari. Oleskan kapur pertanian dalam jumlah tertentu tergantung pada jenis tanah untuk menghilangkan bakteri berbahaya.
  • Pemupukan Dasar : Gunakan pupuk dan urea untuk mendorong pertumbuhan plankton alami. Setelah didiamkan selama 7-10 hari, isi kolam dengan air bersih setinggi 30-40 cm.

Pemilihan Benih

  • Kualitas Benih: Pilih benih ikan nila yang sehat, aktif, dan berukuran seragam (5-10 cm). Belilah di tempat penetasan yang terpercaya dan kualitasnya terjamin.
  • Aklimatisasi: Sebelum menyimpan benih , lakukan aklimatisasi dengan cara merendam wadah benih  dalam air kolam selama 15 sampai 20 menit. Taburkan benih secara perlahan agar tidak mengejutkannya.

Pemeliharaan

  • Pengendalian Kualitas Air: Ganti 20-30% air kolam setiap minggu untuk menjaga kualitas air.Ukur pH dan amonia secara teratur. Lakukan Pengapuran jika pH terlalu rendah.
  • Pemberian pakan: Beri ikan makanan berkualitas tinggi yang sesuai dengan umurnya. Tetapkan jadwal pemberian pakan dengan jumlah yang cukup dua hingga tiga kali sehari untuk menghindari kontaminasi air.
  • Pengendalian Hama dan Penyakit: Melakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi hama dan penyakit. Gunakan obat yang sesuai dengan jenis hama atau penyakit dan ikuti petunjuk dosis dan keamanannya.
  • Pengelolaan Gulma: Membasmi gulma air yang mempengaruhi pertumbuhan plankton dan mengurangi oksigen terlarut.

Pemanenan

Panen Selektif: Panen ikan secara bertahap hingga mencapai ukuran konsumsi (200-300 gram)  untuk menjaga kestabilan populasi.

Total Panen: Setelah semua ikan  mencapai ukuran konsumsi, lakukan panen total. Gunakan jaring halus dan kerjakan dengan hati-hati untuk meminimalkan stres pada ikan.

Tips Sukses Pembesaran Nila Kolam Tanah:

  • Gunakan biofilter untuk meningkatkan kualitas air.
  • Sortir ikan secara berkala untuk memisahkan ikan besar dan ikan kecil.
  • Jika Anda mempunyai masalah, silakan hubungi perwakilan perikanan atau spesialis budidaya ikan nila Anda.

Manfaat Dari Pembesaran Nila Kolam Tanah

  • Meningkatkan pendapatan petani melalui penjualan ikan.
  • Mendukung produksi pangan lokal dan membantu masyarakat sekitar.
  • Ramah lingkungan dan membantu menjaga keseimbangan ekosistem.

Kesimpulan Pembesaran nila kolam tanah

Pembesaran nila kolam tanah bisa menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan. Dengan memahami langkah-langkah persiapan, perawatan, dan pemanenan serta menerapkan tips sukses, Anda dapat mencapai hasil panen yang optimal dan berkualitas. Semoga beruntung!

“Yuk, bergabunglah bersama kami dalam budidaya pembesaran nila kolam tanah. Dengan cara yang alami, kita bisa berkontribusi pada lingkungan dan mendapatkan hasil panen yang luar biasa! ”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *