peluang usaha bawang goreng

Peluang Usaha Bawang Goreng, Modal Kecil Untung Besar!

Peluang usaha bawang goreng, pada saat ini terus meningkat dan menguntungkan. Bawang goreng meskipun tampak sederhana, faktanya para pengusaha (UMKM) dapat menghasilkan keuntungan besar dari industri olahan bawang ini.

Artikel ini akan membahas berbagai ide peluang usaha bawang goreng yang kreatif dan inovatif, Berikut simak bagaimana potensi pasar dan keuntungan dari usaha bawang goreng! Seperti apa ya?

Potensi Yang Menjadi Peluang Usaha Bawang Goreng

Mengintip seberapa besar peluang usaha bawang goreng, terutama untuk bisnis sampingan di rumah, pasti sangat menjanjikan.

Menurut Detik.com, pasangan suami istri dari Brebes mendirikan bisnis bawang goreng Mbrebes Mili dengan modal awal sekitar Rp.5 juta. Namun, selama tiga tahun, bisnisnya berkembang hingga meraup omzet sebesar Rp.150 juta per bulan.

Selain itu, peluang usaha bawang goreng juga memiliki potensi pasar di luar negeri. PT. Permata Indah Rubaru, Badan Usaha Milik Petani (BUMP), berhasil mengekspor sekitar 8 kwintal, atau 3.000 kemasan bawang goreng ke Belanda, menurut rri.co.id.

Menurut data yang ditemukan, nilai ekspor bawang merah goreng mencapai US$ 400 ribu, atau sekitar Rp 6,3 miliar, yang menunjukkan bahwa industri goreng memiliki peluang yang besar selain minat pasar yang tinggi di Indonesia.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Bawang Goreng

 

1. Potensi Raih Omzet Jutaan Rupiah

Keuntungan pertama dari menjalankan bisnis bawang goreng adalah bahwa bisnis rumahan ini dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berhasil meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah hanya dari produksi bawang goreng.

Bayangkan jika jumlah produk bawang goreng yang dijual secara online mencapai 10–20 kilogram per hari. Ada kemungkinan omzet harian hingga Rp3 juta, yang dapat digabungkan menjadi Rp39 juta dalam satu bulan.

2. Bahan Baku Sederhana dan Terjangkau

Keuntungan lainnya adalah bahan baku yang digunakan untuk membuat bawang goreng sangat mudah ditemukan. Karena bahan-bahannya mudah ditemukan di toko atau pasar sekitar, sahabat wirausaha tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Karena bawang adalah salah satu bahan masakan sehari-hari yang memiliki nilai jual yang sangat rendah, estimasi modal yang dikeluarkan sebenarnya tidak terlalu tinggi, meskipun harga bawang seringkali tidak stabil.

3. Bisa Dikerjakan di Rumah

Keuntungan tambahan dari peluang usaha bawang goreng adalah bahwa produksinya dapat dilakukan di rumah dan pelanggannya sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Karena tidak perlu menyewa tempat atau lahan yang besar, bisnis ini dapat diklasifikasikan sebagai bisnis rumahan. Ini menjadi salah satu keuntungan bagi para pemula yang ingin memulai bisnis dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

4. Pasar Konsumen yang Luas

Bisnis bawang goreng dapat dilakukan di rumah, tetapi potensi pasarnya cukup besar karena permintaan produk bawang goreng dapat mencapai rumah makan atau restoran hingga ekspor ke luar negeri.

Meskipun pesaing baru muncul, bisnis ini tidak akan gagal karena pasar konsumennya yang luas. Untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari, ada permintaan pasar yang tinggi.

5. Membuka Lapangan Kerja

Bisnis ini memiliki potensi untuk menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia, selain menguntungkan para pelaku usaha. Ya, kehadiran bisnis ini mungkin merupakan salah satu cara untuk memberikan lapangan kerja kepada masyarakat Indonesia.

Tidak diragukan lagi, keuntungan ini mungkin berdampak positif pada peningkatan sumber daya manusia di lingkungan sekitar. dimana orang-orang dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam mengolah bahan-bahan untuk masakan, yang dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

6. Potensi Ekspor yang Tinggi

Negara-negara seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Jepang, dan Amerika Serikat memiliki peluang ekspor bawang goreng yang sama besarnya ke pasar internasional.

Mengapa negara ini memiliki potensi yang sangat besar? Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa bawang goreng juga digunakan sebagai bahan pelengkap untuk makanan sehari-hari. Tentu saja, ini memberikan peluang yang menarik, terutama jika kamu memproduksi bawang goreng dalam jumlah besar.

Perkiraan Modal Usaha Bawang Goreng

Memulai bisnis bawang goreng tidak membutuhkan modal yang besar, jadi sangat mudah. Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang besar, modal harus sesuai agar bisnis berjalan lancar. Berikut ini adalah perkiraan modal yang dapat diperhitungkan:

1. Bawang Merah 10 kg, dengan harga Rp.20.000/kg total harga Rp.200.000

2. Minyak Goreng , dengan harga Rp.20.000/liter

3. Bawang Merah dengan harga Rp.5.000

Selain bahan baku, perhitungan biaya operasional harian yang akan dikeluarkan, selain bahan baku, juga harus dipertimbangkan.n. Adapun rincian untuk biaya operasional adalah sebagai berikut:

1. Kemasan dengan harga Rp1.000 x 100 buah, total harga Rp.100.000

2. Upah tenaga kerja perhari untuk 1 orang yaitu Rp.50.000

3. Tabung Gas dengan harga Rp.25.000

Berdasarkan data di atas, dapat dilihat biaya modal awal untuk produksi dan operasional untuk 10kg bawang goreng adalah sebesar Rp400.000.

Jika harga bawang goreng 100 gram dimulai pada Rp15.000, maka keuntungan penjualan 4 kilogram bawang goreng bisa mencapai Rp600.000. Jika kamu dapat memasarkannya di platform marketplace yang tepat, jumlah penjualan ini pasti akan berpengaruh.

Jika kamu ingin menggunakan mesin mungkin modal bisa sedikit berbeda, tapi tenang rumah mesin menyediakan mesin perajang bawang dengan harga terjangkau.

Penutup

Demikian penjelasan tentang peluang usaha bawang goreng. Ini adalah ide yang bagus untuk kamu yang ingin memulai bisnis dari rumah. Sangat mudah untuk memperoleh keuntungan hanya dari penjualan bawang goreng jika Kamu memanfaatkan peluang yang ada. Oleh karena itu, apakah kamu siap untuk memulai bisnis dengan melihat potensi pasar yang menguntungkan?

Selain peluang usaha bawang goreng kamu juga bisa mencoba usaha bawang merah yang dimana bawang merah merupakan bawan utama membuat bawang goreng, kamu bisa menjadi pedagang bawang merah atau petani bawang merah yang selengkapnya dapat kamu baca pada artikel modal usaha bawang merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *